Sabtu, 12 November 2011

Kanker Payudara


Kanker payudara adalah kanker yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang payudara. Kanker payudara muncul sebagai akibat sel-sel yang abnormal terbentuk pada payudara dengan kecepatan tidak terkontrol dan tidak beraturan. Sel-sel tersebut merupakan hasil mutasi gen dengan perubahan-perubahan bentuk, ukuran maupun fungsinya, sebagaimana sel-sel tubuh kita yang asli. Mutasi gen ini dipicu oleh keberadaan suatu bahan asing yang masuk ke dalam tubuh kita.
Pada kanker payudara terdapat stadium dini (0, 1 dan 2) serta stadium lanjut (3 dan 4). Stadium 0 berarti sel kanker ada pada lapisan kelenjar susu atau saluran susu tetapi belum menyebar ke jaringan lemak sekitarnya. Pada stadium 1 dan 2, kanker telah menyebar dari kelenjar susu atau saluran susu ke jaringan terdekat disekitarnya. Pada stadium 2 kadang-kadang kanker telah mulai mengganggu kelenjar getah bening. Stadium 3 dapat dikatakan kanker payudara dalam stadium lanjut lokal, dimana garis tengah tumor telah lebih dari dua inci dan telah menyebar ke kelenjar getah bening dekat payudara. Pada stadium 4 kanker telah bermetastasis, artinya kanker telah menyebar dari payudara dan kelenjar getah bening di sekitar ketiak, ke bagian lain tubuh seperti tulang, hati, paru dan otak.
Gejala klinis terjadinya kanker payudara yang umum terjadi adalah sebagai berikut :
1.   Benjolan kecil pada payudara. Benjolan ini biasanya tidak nyeri dan ukuranya kecil.
2.   Eksema atau erosi pada puting. Kulit atau puting tertarik kedalam (retraksi), berwarna pink atau kecoklatan sampai menjadi oedema yang menyebabkan menjadi seperti kulit jeruk, mengkerut dan menjadi borok (ulkus).
3.   Nipple discharge atau keluarnya cairan yang tidak wajar dan spontan dari puting susu atau yang disebut dengan nipple discharge. Cairan ini berdarah encer, warna merah atau coklat, serta dapat keluar sendiri tanpa dipijit.
Ada beberapa pengobatan kanker payudara yang penerapannya tergantung pada stadium klinik penyakit, yaitu:
1.   Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Ada 3 jenis mastektomi, antara lain Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara. Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, tetapi bukan kelenjar di ketiak. Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara, hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker.
2.   Penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi. Efek pengobatan ini tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam, serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi.
3.   Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker melalui mekanisme kemotaksis.
Diet yang diberikan pada penderita kanker disesuaikan dengan perkembangan penyakit dan keadaan pasien serta kemampuannya dalam menerima makanan. Makanan dapat diberikan secara oral, enteral maupun parenteral. Bentuk makakan yang dapat diberikan bisa berupa makanan padat, makanan cair, atau kombinasi keduanya. Diet yang diberikan bertujuan untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal. Energi yang diberikan tinggi (32-36kkal/kg BB). Protein tinggi (1-1,5g/kg BB), lemak sedang, dan karbohidrat cukup.
Ada beberapa bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin dalam masa pengobatan kanker payudara. Menggunakan minyak olive oil atau canola oil. Lemak omega 3 sangat potensial sebagai anti implamasi. Buah-buahanan dan sayur termasuk sumber alpa dan beta caroten, likopen. Sayur hijau tinggi isoflapon termasuk sayuran hijau, seledri, letus, bayam, dan jeruk. Penggunaan pito estrogen seperti kedele dianjurkan ditingkatkan untuk menurunkan resiko kanker payudara. Supplemen asam folat, kalsium, vit D, A, C, dan E.

1 komentar:

  1. Play LeoVegas 10 Gambling on Shootercasino! william hill william hill 온카지노 온카지노 8709Win Bet 11 Tips and Analysis | Thauberbet

    BalasHapus